Sabtu, 01 Oktober 2016

MENANTI JODOH YANG TAK KUNJUNG DATANG

Menanti jodoh yang tak kunjung datang
Ingin kucari malam paling sunyi untukku curahkan segala rasa ini.

Ingin kuhamparkan sajadah.

Kuungkapkan semua beban yang membuat mendung jiwaku.

Aku resah menanti jodoh. Aku gelisah menunggu. Menanti jodoh yang tak kunjung datang.

Kapankah Engkau mempercayai diri ini hidup berdampingan dengan seseorang yang kucintai?

Yang terbaik pilihan Mu. Agar dapat kucurahkan segenap cinta ini untuknya. Agar dapat kulayarkan bahtera rumah tangga...

... dengan segenap yang bernama keromantisan.

Agar aku dapat memberikan senyuman terindah ini, pelukan hangat, dan sapaan mendamaikan.

Betapa rindu jiwa ini pada pundak yang dapat kubersandar padanya. Pada tatapan yang menatapku penuh kasih mesra...

...pada seseorang yang mendamaikan hatiku yang resah, melindungi dengan segenap jiwa, dan membimbingku menuju hidup yang bahagia.

Aku rindu.

Menyulam rumah tangga bahagia, harmonis, dan sejahtera.

Bermain bersama anak-anakku, menjadi ibu yang baik dan bijaksana.

Dan mengucapkan kata-kata romantis untuk seseorang yang namanya terukir dalam hatikuMendoakannya agar dapat membimbingku.

Aku rindu.




RINDU MENANTI JODOH


Hidup ini memang ajaib. Penuh kelok dan lika-likunya.

Ingin hati segalanya berjalan sesuai keinginan. Namun kita menyadari kendali kehidupan bukan berada di tangan kita sepenuhnya.

Begitu dengan masalah jodoh.

Benar kata orang: jodoh adalah rahasia Tuhan.

Aku memiliki teman yang cantik, akan tetapi jodohnya tak kunjung datang.

Ada pula yang menikah muda karena disukai banyak orang. Sayangnya usia pernikahannya tak pernah panjang.

Ada saja hal yang mencederai keharmonisan rumah tangga.

Dan iapun sebagaimana teman yang sedang menanti jodoh, ia menanti seseorang yang dapat menjadi pemimpin dalam menjalankan bahtera rumah tangga.

Ada yang pula sabar.

Lama menanti jodoh yang tak pasti, akhirnya berjumpa dengan seseorang yang benar-benar menyayanginya.

Rindu menanti jodoh. Itulah fitrah.

Bagiku, ketika kita diciptakan maka diciptakan pula pasangan untuk kita.



RESAH MENANTI JODOH YANG TAK KUNJUNG DATANG


Bukan hanya rindu menanti jodoh. Terselip resah, gelisah, cemas... saat menanti jodoh yang tak kunjung datang.

Jodoh memang tak pasti.

Aku mengatakan kepada sahabatku: keresahan itu bukan hanya milikmu.

Hampir semua yang sedang menanti jodoh duduk di altar kegelisahan. Gundah gulana itu memang sangat menyiksa.

Akan tetapi mungkin ada pula hikmahnya.



BELAJAR RENDAH HATI


Salah satu hikmah dari penantian jodoh ialah belajar rendah hati.

Ada kalanya sebagai manusia terselip di hati ini rasa angkuh. Entah karena merasa sebagai seorang yang cerdas, cantik, kaya...

Namun kecantikan itu...

Kecerdasan itu...

Kekayaan itu...

Sama sekali tidak berdaya membantu mendapatkan jodoh yang baik. Berkali-kali melakukan berbagai upaya, selalu saja gagal dan gagal.

Di saat seperti itulah.

Ketika semua pintu tertutup, semua kelebihan kita tak memiliki daya upaya, di saat itu pula mungkin Tuhan ingin mendengarkan keluh kesah dari hamba-Nya.

Mengeluhkan kepada-Nya bahwa kita membutuhkan penentram jiwa.

Mengungkapkan kepada-Nya sembari berderai air mata bahwa bukan kehendak kita yang berlaku di dunia ini.

Melainkan kehendak-Nya yang pasti menjadi kenyataan.

Di sini kita belajar untuk rendah hati.

Bersimpuh di hadapan-Nya seraya memohonkan dengan setulus jiwa.

Tak ada yang salah dengan rendah hati; mengakui bahwa kita tiada berdaya kecuali hanya dengan pertolongan-Nya.



KEPADANYA SAJA HARAPAN ITU


Ketika seluruh harapan hanyalah bertemu dengan kekecewaan, penantian bertemu dengan kegelisahan, tak ada jalan lain...

...kecuali kembali kepada-Nya.

Kepada-Nya sajalah harapan itu digantungkan.

Mungkin selama ini kurang bertawakal.

Datanglah kepadaNya. Ketuk pintu rahmat-Nya dengan ketulusan hati.

Pintu mana lagi jika pintu-Nya tertutup? Jalan mana lagi yang hendak ditempuh jika semua jalan buntu?


Inilah hambaMu,
Datang kepadaMu

Meskipun penuh dengan debu,
Meskipun bergelimang dosa,
Hanya kepada-Mu aku bersimpuh.

Kepada siapakah lagikah aku meminta
kecuali hanya kepada-Mu.

Tak ada tempatku bermohon
kecuali hanya kepadaMu.



SABAR MENANTI JODOH


Sandingkan harapan dengan doa. Lalu sandingkan penantian dengan kesabaran.

Lebih baik hidup menyendiri, untuk sementara. Daripada hidup berumah tangga namun tersiksa.

Berapa banyak wanita yang masuk ke dunia rumah tangga. Bersamaan dengan itu mereka masuk dunia penuh siksa.

Berapa banyak pula yang ingin keluar darinya?

Apa yang kita pikir baik belum tentu baik untuk kita.

Daripada terus menerus gelisah dalam menanti jodoh, lebih baik fokus mempersiapkan diri menjadi pribadi yang bisa membahagiakan orang lain.

Karena...

bahtera rumah tangga lebih membutuhkan kita: kita yang memberikan kebahagiaan. Bukan kita yang mengharapkan kebahagiaan.

Memang salah satu tujuan berumah tangga ialah mendapatkan kebahagiaan.

Namun demikian,

Justru mereka yang ingin membahagiakan orang lain (pasangan) yang mendapatkan kebahagiaan itu.

Bersabarlah sembari terus menyiapkan diri untuk orang terbaik yang kelak dikirimkan Tuhan untukmu.


CARA MENANTI JODOH YANG BAIK


Menanti bukanlah pekerjaan yang membosankan.

Justru ketika menanti sesuatu, kita banyak memiliki waktu. Sebelum disibukkan oleh banyak hal, sibukkan diri dengan hal-hal yang mengelokan masa depan.

AKU UNTUK SESEORANG YANG TERBAIK

Wanita yang baik hanya untuk lelaki yang baik. 

Oleh karena itu fokuskan diri menjadi diri terbaik, sebisa mungkin. 

Manusia senang berkumpul dengan sesamanya yang memiliki kemiripan. Maka jika ingin seseorang yang baik, jadilah orang yang lebih baik. 

Jika ingin mendapatkan seseorang yang pengertian, jadikan diri insan yang berjiwa besar. 

Aku untuk seseorang yang terbaik. Maka tabahkan hati dalam penantian ini.


BERDOA SELALU

Doa adalah senjata. 

Doa pula yang dapat mengubah takdir. 

Oleh karenanya jangan pernah bosan dalam berdoa. Tuhan Maha Mendengar. 

Berdoalah dengan sebenar-benarnya. Dengan deraian air mata, dengan segenap jiwa, dan rasa butuh yang amat sangat akan kasih sayangNya. 

Doa yang menggetarkan arsy. Yang gaungnya menggelegar di langit. 

Kapankah kita terakhir berdoa?

Dimana jiwa kita bergetar, mengharap pengabulan dari Rabb. Dan kita benar-benar merasakan terkabulnya doa tersebut. 

Sesungguhnya kita berlindung dari doa yang tidak terkabul, hawa nafsu yang dituruti, dan jiwa yang tidak tentram. 



MENYADARI: TAKDIRNYA ADALAH ADIL

Terlepas dari apapun juga, takdirNya adil untuk kita. 

IlmuNya meliputi segala sesuatu. HikmahNya diluar jangkauan kita sebagai manusia. 

Selalu saja ada hikmah dibalik peristiwa yang kadang kita sukai.

IKHTIAR

Ikhtiar merupakan cerminan bahwa kita bersungguh-sungguh.

Ikhtiar adalah doa dalam bentuk kerja.

Jangan pernah berputus asa. Sekecil apapun usaha kita, pasti ada balasannya.

Tidak mungkin menjadi sia-sia. Ikhlaskan hati. Luruskan niat. Biarkan jodoh itu datang dan bukan sekedar datang, tetapi ia membahagiakan hati yang satu-satunya ini.


PUISI MENANTI JODOH


Jangan risaukan jodohmu,
Karena lelaki yang baik itu tidak akan terpaut pada wanita :
Pada kecantikannya,
Pada lirikan dan senyumannya;
Pada bicara yang menggoda;
Pada bujuk rayu wanita
Yang meruntuhkan imannya.

Untuk sebuah hati yang masih menanti, menantilah dengan cinta.
Cinta yang akan membuat diri menerima apapun kehendak-Nya. Cinta karena-Nya menjadikan penantian itu tak pernah sia-sia.

Untuk sebuah hati yang masih merindu, rinduilah Dia yang paling layak untuk dirindu.

Merindukan-Nya adalah kerinduan yang terindah.

Allahumma Ya Allah... jadikanlah kami semua hambaMu yang dhoif ini... termasuk dalam golongan orang orang yang Engkau cintai. Amin

3 komentar:

  1. assalamualaikum.. maaf, saya mau curhat.. krna saya lg bingung luar biasa.. saya umur 42 thn msh nganggur dan jomblo. dulu thn 2003 saat msh kerja di majalaya bdg saya sering dimutasi, diremehkan teman dan atasan krna otak dan tenaga saya payah, uang sering dipinjam teman teman tp bnyk yg tdk mau bayar, shg saya tdk betah dan mengundurkan diri, nyari kerja lg baru sebentar dipecat krna tdk becus kerja, nyari kerja lg sulit. di kampung saya di prwkerto buka usaha kecil kecilan bangkrut, jualan barang secara online tdk laku laku.. dulu saya di bdg kalau nyari jodoh sering ditolak cewe, diremehkan cewe, dibohongi teman, dimanfaatkan teman, diancam org, dipukul orang dll.. di kampung saya nyari jodoh tambah sulit krna sepi dan cewe yg jarang ada yg cantik, kalau ada yg agak cantik saingannya bnyk.. akibatnya saya selama 15 thn tiap hari marah marah, berkata kotor, susah tidur, kdng banting barang barang, sering berdoa yg buruk buruk dll. apa saya kena gangguan ghaib? dulu kakek dan uwa saya paranormal sakti.. saya sdh 12thn agak rajin ibadah tp nasib tdk berubah.. dulu thn 2003 saat merantau ke bdg saya melamar cewe nama nya nurjanah (andir ciparay) karyawati iwamatex, tp lamaran saya ditolak, saya sampai skrng blm mampu melupakan dia. yg bikin saya cinta mati dg nur krna dia cantik, pendiam, lugu, rajin sholat, tdk matre, jarang keluyuran, dia juga jadi tulang punggung keluarga krna ortu nya petani miskin. saya mengira nur jodoh saya, krna saya kalau ada di dkt dia hidup saya semangat, hati saya damai, tp ternyata dia cewe yg paling sulit saya dapatkan. saya ngejar dia 2 thn (2001-2003) tp saya ditolak habis habisan pdhl dia sdh putus dg pacarnya. saya bilang kpd dia saya tdk akan nikah atau akan bunuhdiri jika dia menolak saya terus, tp dia tetap menolak saya. nur mentang2 cantik shg sombong dan jual mahal. saya pernah diusir sama dia saat saya main ke rumahnya, mungkin dia sdh dipelet cowok lain shg kelakuan nya spt kemasukan jin.. dia memuja mantan cowoknya dan dia meremehkan saya. saya nyari cewe yg lain gagal lg. saya ditolak lagi, dibohongi teman, dimanfaatkan teman dll saat nyari cewe. saya sdh pernah ditolak cewe 7x. bukan krna saya kurang ganteng tp krna saya cupu dan loyo. cewe suka cowo yg jantan atau yg mapan. thn 2005 saat nur sdh nikah dg mantan pacar nya saya sering kirim surat berisi kata kata kasar dan ancaman kpda dia shg dia keguguran 3x krna sakit hati, kemudian thn 2009 dia cerai dg suaminya dan nur mencari cari saya supaya saya melamar dia, tp saya tdk berani datang krna saya yg merusak rumah tangga dia. selain itu saya sdh di kampung tdk merantau ke bdg lagi. tp saya sdh minta maaf kpd nur lewat surat. krna dulu saya lg stres berat krna saya merantau ke bdg sering dijahati org dan sering ditolak cewe. kemudian saya pulang kampung saya nganggur dan jomblo berthn thn. kalau nur bukan jodoh saya, kenapa saya seumur hidup cuma mencintai dia seorg. kpda cewe lain saya tdk pernah bsa mantap.. saya selalu ragu, minder dll.. saya yg berjuang dan berkorban mati matian utk mendapatkan nur, saya tdk dpt apa apa, tp cowok lain yg nyantai malah bsa nikah dg dia. mungkin krna saya cucu paranormal sakti shg nasib saya sial terus. meski saya terus meningkatkan ibadah tp nasib tdk pernah berubah. saya sejak kecil sering dibully teman. ada yg bilang saya bodoh dan lemah, manusia aneh, tdk punya masa depan, tdk berguna dll..saya kalau dihina, ditipu, dipukul, difitnah dll saya msh agak tegar tp saya kalau ditolak cewe, terutama cewe yg sangat saya cintai saya langsung terpuruk.. saya skrng males nyari cewe dan nyari kerja krna trauma. selain itu hati saya dipenuhi kemarahan, kebencian dan dendam.. saya kalau ketemu cewe sombong spt nur lg akan saya bunuh. solusinya bgmana? wassalam..

    BalasHapus
  2. Entah dia atau siapa yang akan datang meminta...

    Gundah atas dia yanng meminta sedih atas apa yang diharapkan

    BalasHapus